March 10, 2014

Flowers..... Flowes..... Flowers..




How to Make This Beautiful?

Hari Jumat kemarin, ada acara seru di hotel, "MERANGKAI BUNGA". Ini khusus untuk karyawan sih, utamanya buat departement yang kaitannya sama nata-nata bunga, gardening, resto, dan FO. Tapi, berhubung ini kegiatan "kewanitaan" banget, management pada semangat 45 ikutan, bahkan jam 2 teng, udah paling awal di ruangan biar engga kehabisan jatah pot yang buat praktek: termasuk AKU. Siang itu, ibu Yustina Lestari, yang mandu kita buat merangkai bunga.

Langsung cari taulah gimana langkah-langkahnya merangkai bunga. 

Step 1. Siapin bahan-bahan

Rumput hias atau daun cekok piring, pisau, & pot

 
Jadi pertamanya, siapin peralatan, kayak misal pisau, cutter, gunting, dan juga dibutuhin pot. Pot juga macem macem ternyata, ada pot oval, yang permukaannya lebih  lebar dari tinggi pot, atau mau pot hias biasa. "Dedaunan" yang ada di gambar itu, macem-macem rumput/daun yang bisa dipakai untuk finishing perangkaian bunga. Satu yang tidak boleh lupa, OASIS. Itu bukan semacam band, tapi penampungan air, kayak sterofoam, hampi, tapi dia menyerap air banget. Balokan Oasis, bisa pakai merek Aspe Premium, masukin ke air sekitar 1 jam sampai airnya nyerap sempurna di oasis tadi. Untuk lama waktu bertahan bunga di oasis tadi, bisa 3 hari sampai 1 minggu. Jadi kalau kamu nggak rajin ganti bunga nya, bisa semprotin air aja ke oasis-nya. 


Step 2. Potong Oasis sesuai lingkaran permukaan pot bunga

 
Caranya: 

Tinggal taruh oasis di atas bibir pot, tekan sedikit, sampai meninggalkan bekas lingkaran pot. Nantinya akan membentuk pola. Dari pola itu, kamu bisa potong oasisnya, melingkar, sampai bisa dimasukan ke pot. Liat gambar aja deh. :)

Asyiknya sesi potong oasis ini, ada yang bilang, kayak potong es krim sobek, atau kayak potong lapis legit, cuman kalo menurutku, oasis itu mirip es gabus. :p

Step 3. Masukan oasis ke pot


Waktu kamu masukin oasis, sisakan tinggi oasis sekira 2 cm. Itu nanti buat space nancepin batang-batang bunganya. Seru kan, tapi harus berani kotor. Siap ke step selanjutnya???

Step 4. Pasang Bunga, sebagai Dasar Bentuk .


Pola merangkai bunga itu ada banyak banget, tapi umumnya yang dipakai itu tida bentuk pola, bentuk bulat, bentuk oval, dan bentuk segitiga sama kaki. Gambar di atas, adalah bentuk bulat. jadi 4 batang bunga yang dipakai, sebagai rangka biar pas nanti kita nancepin bunga-bunga lainnya, kita engga lewat dari "garis ilusi" rangka bunga itu. Paham engga? paham lah ya pasti. 


Nah dari tiga jenis bentuk rangkaian yang diajarin sama Ibu Yustina, Ayu praktek pakai bentuk segitiga sama kaki. Kenaa? karena aku yakin, anak-anak lainnya pada praktek pake bentuk bulat. Hehehehe.... too mainstream kalau sama kayak yang laennya. :p

Kita lihat beberapa usaha dari mereka nih...

Namanya Ana, wakil dari FO department. Sibuk banget ya dia :)   







Bener kan... pada bikin bentuk bulat. Tapi hari itu sih tetep menyenangkan, bermain dengan bunga, dengan feeling, dan ketrampilan. Antara gampang sama susah. Mana bunga buatanku? jelasnya, yang jadi pic article sih. 


 

Terima kasih untuk ibu Yustina, hari ini, jadi hari yang bermanfaat buat kami semua. :*


No comments :

Post a Comment

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi