March 13, 2014

Big is Beautiful ala Sekar



We Only Have One Body, Love the One You're in!


Kali ini, bukan mau cerita soal makanan, tempet nongkrong, atau kegiatan seru, cuma sedikit bagi cerita yang mungkin bisa jadi motivasi, khususnya buat kalian yang belum akur sama "LEMAK" kalian. Jadi, sebelum masuk ke ceritanya, mau bikin kalian tau dulu, kalau cewek gemuk itu belum tentu karena makannya banyak, ngemilnya banyak, bisa juga ada faktor lainnya kayak misalnya: Terjangkit Strain Virus Flu, Operasi Pengangkatan Amandel, Tidak Cukup Tidur, Tidur Dengan Lampu Menyala, Sering Terpapar Polusi, Gen,  Memiliki Ibu Yang Makan Tinggi Lemak Saat Hamil, Obat-Obatan, dan Memiliki Ibu Yang Bekerja.

Aku mau cerita tentang anak yang lagi training di hotel, kebetulan dia masuk divisi aku. Namanya Sekar. Dia ini gemuk. Tapi memang karena dia suka banget makan dan ngemil. Seperti fase gemuk pada umumnya, yang emang diawali dari kurus dulu, agak berisi, dan akhirnya berisi sekali.

Di usia belia, sampai dia lulus SMA di umur 17 tahun, berat badan katanya sih masih di angka 50kg - 52kg, naik turunnya hanya di angka itu aja. Terus, dia sempet sekolah lagi di Bogor, dan lanjutin kerja di Jakarta, sempet dipindah kerja di Semarang, dan fix dapet kerjaan di hotel kece, Aston Hotel Kuta and Residence, cuma, baru dapet seminggu kerja malah mommy dia meninggal, jadi, karena belum bisa dapat cuti, dan si cewek penyayang mkeluarga ini nggak mungkin pulang Solo satu hari aja, akhirnya dia mutusin buat keluar dari kerjaannya saat itu. 

Tinggal akhirnya sama kakak di Semarang, si kakak ceweknya ini baik total, punya catering pula, makanannya enak-enak (pernah di bawain makan juga anak-anak 1 divisi plus divisi sebelah kami) :p

Kalau Sekar bilang, dia mulai nggak terkontrol makan sejak bisa tinggal sama kakak, bukan karena kakaknya ada catering juga sih benernya, tapi secara emosional, dan kondisi psikologi kan juga dalam pemulihan. Apalagi, dari yang sebelumnya, kerja, kerja, banyak pikiran, terus tiba-tiba situasi dan kondisi "down" gitu.

Finally, start usia 20 sampe 22 ini, si doi, bisa naek berat badan sampai 10kg. 


Jadi, setelah nyadar harus diet, banyak sih, yang dia lakuin buat rawat diri, rawat badan, biar nunjang karir dia ke depannya nanti, apalagi doi udah ambil kelas bahasa, alias udah kuliah lagi di Semarang. Cuma emang bener, kalau nurunin berat badan itu, nggak semudah naikinnya, (itu persepsi buat orang yang sudah gemuk), tapi kalau buatku malah jadi kebalikan, naikin berat badan itu, susah banget, meski porsi makan juga udah kayak kuli. 

Dia cerita, jalanin diet 2 bulan, tapi cuma turun 1-2 kilo, ya pasti "menderita" yak, karena namanya diet kan, pasti "mengurangi"  dan "menata" porsi dan apa yang dimakan, nggak bisa asal makan dan masukin cemilan ke mulut. 




Banyak cara sih kalau kamu mau lakuin diet sehat, cuma emang kudu berjuang banget, telaten, sabar, dan jangan gampang ngeluh misalnya engga kuat jalaninnya. Akhirnya, hal besar yang di lakuin sama cewek satu ini, dia tidak akan ngoyo diet lagi. Enjoy lah apa yang dia jalanin, dia alami. Makan secukupnya aja yang penting, ngemil juga secukupnya. Semuanya secukupnya: versi dia sih. But, itu langkah loh, langkah buat tidak menyakiti diri sendiri. Buat apa, musti diet tapi menderita dan nggak enak terus?




CEWEK, emang punya banyak serba-serbi. Kita cuma punya satu badan, satu tubuh, maka jaga baik-baik. Kalau kita niat, dan senang hati buat ngubah bentuk tubuh, khususnya untuk hal DIET, oke mungkin akan baik-baik saja. Tapi kalau udah nggak sepenuh hati ngejalaninnya, bukannya malah engga akan baik hasilnya. Akan kurus ada kemungkinan, tapi bertahan di "kurus" karena terpaksa kadang juga enggak nyaman bawanya. 



So, buat anak trainingku tersayang, kamu udah lucu kok, dengan pengambilan keputusan yang sudah disesuaikan dengan kemampuan. Nanti, kamu bisa better lagi, saat memang sudah saatnya. Enjoy ur life, coz you're beautiful.....




Me & Sekar











No comments :

Post a Comment

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi