April 22, 2015

IMLEK 2566

A closed mind is like a closed book; just a block of wood. Wishing you the best of health. May all your wishes come true.



Tahun baru Cina 2566. Bicara tentang apa sebenarnya apa itu Imlek dan apa saya cirikhas yang akan kita temui saat perayaan tahun baru Cina ini berlangsung, saya sulit untuk menjelaskan secara detail. Sebelumnya, saya hanya mengetahui imlek "dari kulit luarnya" saja. Tapi serunya pelaksanaan imlek 2566 di Plaza Ambarrukmo beberapa waktu lalu membuat saya cukup terkagum-kagum.




Hal lain yang selalu ada saat Imlek adalah petasan. Bahkan, petasan menjadi fitur utama dari Tahun Baru China. Petasan yang digunakan biasanya petasan tradisional yang digulung dalam kertas merah dan dirangkai dalam jumlah besar. Tujuannya untuk menciptakan ledakan memekakkan telinga, dan saat dinyalakan dianggap bisa mengusir roh jahat.





Imlek juga identik dengan adanya Barongsai. Tarian naga atau singa ini selalu hadir saat parade ataupun perayaan Imlek. Para penari akan melakukan gerakan-gerakan atraktif yang membuat tubuh singa atau naga meliuk-liuk lincah. Tak jarang, naga atau singa akan beratraksi menegangkan.
Barongsai adalah hal yang umum selama Tahun Baru China karena hubungan mereka dengan asal-usul dari perayaan Imlek ini. Orang China percaya jika suara keras drum dan simbal akan mengusir nasib buruk dan roh jahat.

Photo credit by: 
Bayu Danarjono



1 comment :

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi