September 25, 2017

LIBURAN DI THAILAND, COBA 5 JENIS TRANSPORTASI INI

"Focus on the journey, not the destination. Joy is found not in finishing an
activity but in doing it." - Greg Anderson


Bagi Anda yang punya rencana liburan ke Thailand, pastinya selain mempersiapkan segala kelengkapan tiket transportasi dan akomodasi, pasti juga telah siap dengan jadwal selama berwisata. Namun, hal yang biasanya terlewat adalah detail angkutan umum yang akan kita gunakan selama liburan. Apabila Anda memilih berwisata menggunakan jasa agen wisata, hal itu tentu sudah bukan lagi masalah mengingat seluruh kebutuhan transportasi dari satu lokasi ke lokasi wisata lainnya sudah disiapkan. Berlibur ke suatu negara, tidak hanya tentang pengalaman mengunjungi lokasi wisata yang ada di negara tersebut, namun juga proses perjalanan dimana Anda akan menemukan orang - orang baru, pengalaman mencicipi kuliner lokal, ataupun keseruan mencoba berbagai transportasi lokal yang ada. Thailand menjadi satu negara yang memiliki sistem transportasi yang baik. Tidak hanya transportasi modern, namun transportasi tradisional juga masih aktif digunakan dan digemari oleh warga lokal maupun wisatawan. Di negara ini, angkutan online justru bukan menjadi opsi favorit, karena masyarakat lokal khususnya cukup aktif menggunakan angkutan umum yang tersedia. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan asyiknya pengalaman menggunakan angkutan umum di Thailand bukan? Berikut 5 jenis transportasi di Thailand yang harus Anda coba:


1.Bus Umum

Hampir di setiap negara memiliki bus umum. Bus merupakan angkutan publik yang cukup diminati banyak orang karena selain harganya terjangkau, pada umumnya tersedia banyak shelter yang memungkinkan penumpangnya tidak berjalan jauh hingga stasiun setiap harinya. Demikian juga di Thailand, meski ada satu terminal khusus yang cukup besar, namun Anda dapat mudah menemukan shelter bus di beberapa titik spot keramaian misalnya di depan toserba, tepian jalan besar dan lain sebagainya. Ada tiang penanda khusus untuk shelter tambahan seperti ini jadi Anda tidak perlu bingung mencari lokasi pemberhentian bus. Umumnya juga, lokasi shelter akan banyak kerumuman orang yang juga menanti beberapa jalur bus ssesuai dengan tujuan masing - masing penumpang. Harga tiket bus di Thailand sangat terjangkau, apabila dirupiahkan mulai Rp. 3000 sesuai jarak tujuan pemberhentian.


2. BTS  dan MRT

BTS dan Mass Rapid Transit (MRT) di Thailand menjadi satu angkutan publik yang mayoritas di gunakan oleh warga lokal maupun dari luar Thailand. Apa bedanya BTS dan MRT di Thailand? Untuk mudahnya, BTS adalah angkutan seperti kereta layang tentunya bukan kereta biasa yang kita temui di Stasiun Gambir atau semacamnya. Kereta bermesin khusus ini akan melalui beberapa stasiun pemberhentian. Anda akan mendapatkan kartu khusus seperti peta sederhana yang tertulis beberapa nama stasiun pemberhentian. Kartu ini juga berperan sebagai tiket masuk ke peron, caranya tinggal di tempel ke pintu masuk peron. Sementara itu sedikit berbeda dengan MRT, tiket masuk peron berbentuk koin hitam, yang harus ditempel saat masuk peron dan dimasukan ke satu lubang dalam mesin (menyerupai lubang celengan) di gate. Selain harga terjangkau rata 30 - 45 baht sekali jalan sesuai dengan tujuan, nilai plus transportasi ini adalah cepat dan terhindar macet. Jangan khawatir Anda akan menunggu lama jika tertinggal kereta BTS atau MRT, karena jenis transportasi ini akan melintas di setiap stasiun setiap 3 -10 menit maksimal.

Sumber: Dok. pribadi Instagram @dinataayu

3. Kereta

Anda tentunya pernah naik beberapa kereta lokal baik antar kota maupun provinsi. Thailand juga memiliki kereta lokal dengan berbagai tujuan pemberhentian. BTS dan MRT tidak menjangkau seluruh sisi kota ataupun pinggiran kota di Thailand. Apalagi jika Anda, ingin berkunjung ke beberapa tujuan wisata di Chiang Mai ataupun  Ayutthaya, maka Anda perlu naik kereta lokal ini. Anda bisa menjangkau stasiun dengan MRT ataupun dengan bus umum.

Dok. pribadi Instagram @dinataayu

Dok. pribadi Instagram @dinataayu

4. Boat dan Perahu

Di Indonesia, tidak banyak daerah yang menjadikan perahu mesin sebagai satu transportasi harian. Apabila Anda berkunjung ke Grand Palace, Wat Arun ataupun Wat Po di Thailand, pastinya Anda harus menggunakan boat atau perahu untuk menyeberang melewati sungai Chao Phraya. Harga naik boat ini sekitar 15 baht per tujuan, atau ada pula yang menawarkan paket 150 baht untuk akses boat ke beberapa pemberhentian tanpa harus dipungut biaya lagi. Jika Anda dari Asiatique, terdapat pula perahu gratis yang bisa Anda gunakan, namun karena free Anda perlu antri cukup panjang di waktu ramai pengunjung.

Dok. pribadi Instagram @dinataayu

5. Tuk - Tuk  dan Songthaew

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari mencoba naik transportasi tradisional. Tuk - Tuk  dan Songthaew adalah jenis transportasi tradisional Thailand. Anda akan mendapatkan pengalaman perjalanan yang tak terlupakan khususnya mengebut bersama supir Tuk - Tuk dengan suara angkutannya yang berisik itu. Keseruan ini juga tidak henti, saat Anda dapat melihat keindahan kota sekitar saat mengendarai Tuk - Tuk ataupun Songthaew karena tidak ada kaca (seperti taksi ataupun kaca mobil), angin -angin akan menerpa wajahmu tentunya dengan cuaca Thailand yang cenderung hangat sepanjang tahun. Meski demikian, baik Tuk - Tuk  maupun Songthaew merupakan transportasi yang paling mahal jika dibandingkan dengan beberapa jenis transportasi yang sudah diulas di atas. Harga naik Tuk -Tuk sekitar 100 - 250 Baht begitu juga dengan Songthaew. Namun untuk sewa khusus untuk paket perjalanan, harga Songthaew bisa lebih mahal yakni 500 - 1000 Baht dengan beberapa kali pemberhentian di lokasi wisata berbeda sesuai paket yang Anda pilih.

Dok. pribadi Instagram @dinataayu
Sebagai  tips saat menggunakan angkutan lokal di Thailand, pastikan Anda menanyakan tarif sebelum naik angkutan yang Anda. Apalagi jika Anda tidak yakin dengan harga atau tidak ada keterangan harga di papan harga tiket. Tips kedua, tawarlah harga. Khususnya jika Anda akan naik Tuk - Tuk, Songthaew, atau perahu mesin. Beberapa jenis angkutan harganya masih sangat fleksibel, kecuali BTS, MRT, ataupun kereta telah memiliki aturan harga masing - masing. 



Selama berlibur di Thailand!

No comments :

Post a Comment

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi