September 12, 2017

PERSIAPAN TRAVELING? INI 10 APLIKASI TRAVEL FAVORITKU

"Thinking well to be wise: planning well, wiser: doing well wisest and best of all"
- Malcolm Forbes



Beberapa teman, pernah bertanya:
Kamu kalau traveling pake agen wisata?
Gimana caranya dapat tiket murah?
Gimana caranya milih hotel yang bener?
Persiapannya apa aja?
Cek harga dimana? Dan masih banyak jenis pertanyaan sejenis lainnya.

Jadi, di post kali ini aku akan share beberapa aplikasi (yang kebetulan masih gratis di Playstore ataupun IOS) yang sering aku gunakan untuk persiapan traveling bahkan saat melakukan perjalanan.

1. TRAVELOKA
Traveloka menjadi satu aplikasi paling sering aku buka khususnya 3-4 bulan jelang perjalanan. Apa yang aku cari? Boleh dibilang, aku tidak murni backpacker, masih bisa memilih opsi yang sedikit di atas harga rata – rata baik hotel maupun pesawat dengan catatan khusus pastinya. Misalnya, ada tiket pesawat penerbangan jadwal jam A dan jam B. Jam B lebih mahal sekian rupiah daripada yang B, namun aku bisa saja memilih A karena pertimbangan waktu, direct flight atau tidak, dan yang pasti tidak akan menabrak jadwal itinerary selanjutnya. Sama halnya seperti memilih hotel. Satu pengalamanku membuktikan, tidak selamanya hotel murah / hotel backpacker adalah sesuai seperti apa yang kita baca di review. Apalagi hanya mengandalkan foto hotel maupun kamar. Dalam kasus ini, aku bisa lintas aplikasi baca-baca review.

Memilih hotel dengan traveloka based on Map dan harga


2. TRIP ADVISOR
Aplikasi yang paling sering aku gunakan sebagai pendukung review adalah TRIP ADVISOR. Trip Advisor menayangkan satu folder foto khusus dari para tamu/traveler yang telah menginap di hotel tersebut mulai dari keluhan, kamar kotor, dan bahkan view dari kamar mereka ataupun ada hewan/serangga yang bisa mengakibatkan alergi kulit. 

TIPS: Rajin baca review bukan berarti kamu ragu – ragu, tapi justru itu menjadi satu cara memperkuat keyakinan sama pilihan hotel tempatmu tinggal selama traveling. Baiknya jangan terlalu buru-buru menentukan hotel, perlu banding review juga buat bahan pertimbangan agar tidak kecewa nantinya.

3. SKYSCANNER
Hampir serupa dengan Traveloka, namun Skyscanner ini sangat membantu saat aku bahkan belum ada ide mau jalan-jalan kemana. Satu menu “Explore Top Deals” memungkinkanku mendapatkan solusi tujuan traveling dengan rate harga terendah. Selain itu kamu juga bisa membandingkan harga tiket dari berbagai maskapai penerbangan. Skyscanner bagiku lebih aku fungsikan memantau naik turunnya harga. Biasanya eksekusi terakhir tetap melalui Traveloka, karena katanya “harga yang kamu lihat adalah yang kamu bayar” #Eaa.


4. AIR BNB
Apakah kamu masih asing dengan AirBNB? Sederhananya, ini adalah opsi bagi kamu yang merasa hotel masih menjadi harga mahal yang tidak sesuai budget akomodasi. Air BnB memungkinkan kamu menginap dengan warga lokal atau terkadang beberapa local memiliki property atau space lebih untuk disewakan seperti kondominium, apartment, dan lain sebagainya. Ada dua kemungkinan, pertama, kita masih tinggal satu lingkungan dengan pemilik property, dan yang kedua, bahkan kita tidak akan bertemu dengan pemilik property karena hanya ada petugasnya saja yang kan membantu proses check in kita sesuai dengan history kebutuhan akomodasi-mu yang terekam di AirBnB. Umumnya, harga di Air BnB lebih terjangkau, namun kamu masih akan dikenakan service charge atau administrasi kebersihan lainnya yang akan dijumlah dengan harga tertera. Baik Traveloka maupun Air BnB juga bisa dicek berdasarkan map, jadi kamu bisa melihat dimana lokasi tempat tinggalmu nanti dengan jarak tujuan wisata yang dimaksud. Wow, jaman sekarangya. Luar biasa maju. So easy!

Tampilan Air BnB


5. OJEK ONLINE (GOJEK, GRAB, UBER)
Saat traveling khususnya kebeda Negara tentu yang ingin dicoba adalah experience menggunakan transportasi local. Namun, untuk beberapa kasus khusus selain taksi, saya kadang mengandalkan babang ojek online di Negara setempat (selama masih provide). Pernah suatu hari saya harus ke Bandara untuk bersiap flight dari Penang ke Kuala Lumpur, akhirnya pukul 5 pagi kami harus check out dari hotel untuk ke Bandara yang ditempuh sekitar 40 menit. Dikira gampang cari taksi jam segitu? Sama aja ngajak orang kerja subuh – subuh. Tapi karena ojek online ini, kami cukup terbantu. So, selalu sedia payung sebelum hujan, right?

6. APLIKASI PEMBANDING (TRIVAGO, BOOKING, AGODA, ZEN ROOMS)
Aku butuh informasi lebih saat menentukan tiket pesawat maupun hotel. Memiliki peran sama seperti Trip Advisor, Trivago, Agoda dan semacamnya aku gunakan untuk compare harga. Biasalah cewek, suka cari pembenaran diri. Asal di aplikasi lainnya lebih mahal, berasa mantap aja ambil keputusan untuk booked segera di aplikasi yang menawarkan harga paling rendah.

7. COUCHSURFING
Pernah dengar aplikasi ini? Sebenarnya ini bisa menjadi opsi bagi kalian yang benar-benar ingin menekan biaya akomodasi. Kamu bisa tinggal dengan host dari Couchsurfing yang akan menawarkanmu tempat tinggal. Tapi ingat! Selalu gunakan logika, intuisi, dan pintar memilih host ya teman-teman agar kamu tidak jadi korban scam atau semacamnya. Pernah satu kawan CS menyampaikan bahwa ad abeberapa host yang bukan dari kalangan travelertapi mereka agen wisata yang menawarkan jasa wisata, namun bergaya host dari CS. Baiknya kamu cek dan baca-baca reference dari masing – masing calon host.  Bagaiman adenganku? Aku ada beberapa pengalaman menyenangkan dengan teman – teman CS. Sejauh ini mereka cukup membantuku memberikan referensi bahkan mendampingi ke lokasi wisata, dan feel secure. Ingatingatya! Gunakan intuisimu! Apalagi kalau kamu berniat solo travel.


8. GOOGLE TRIPS
Satu aplikasi dari google ini juga ada dalam kelengkapan aplikasi travel di smartphone-ku. Ini akan membantu kamu untuk merekam rencana traveling sesuai data di kotak pesan email yang telah tersikronisasi. Kamu juga bisa menemukan rekomendasi tempat makan terdekat, café, tempat wisata terkenal dan lain sebagainya melalui Google Trips ini.




9. EXPENSIFY
Tolong ya mbak – mbak kalau lagi jalan – jalan kudu ingat pengaturan keuangan. Terkadang, perbedaan mata uang membuat kita sering  “terjebak” dalam kondisi “mendadak shopping”. Aku menggunakan aplikasi ini untuk membantuku merekam semua pengeluaran mulai dari tiket, hotel, belanjaan dan semacamnya. Kamu tinggal memotret struk belanjamu untuk diproses di data Expensify, kemudian pada akhirnya kamu bisa mengakumulasikannya dan menggabungkan seluruh struk belanja dan pengeluaranmu dalam satu report yang bisa kamu kirimkan langsung ke emailmu atau email kantor (kalau perjalananmu bisa di-reimburse). Aplikasi ini juga berfungsi untuk membantu mereka kembali perhitungan selama traveling untuk bisa aku share melalui blog. Tentu alasan sederhana, memory ingatan kita terbatas ya kan?

Input pengeluaranmu selama traveling dengan Expensify App

10. APLIKASI FOTO & VIDEO (VSCO, VIVAVIDEO, QUIK, SNAPSEED, LIGHTROOM)
Traveling menjadi waktu produktifku untuk menulis, memproduksi foto dan lain sebagainya. Pagi sampai malam biasanya aku padat dengan kegiatan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Malam harinya setelah kembali ke hotel dan sembari menunggu jam tidur, biasanya aku memilih beberapa foto untuk jadi prioritas edit. Kenapa malam hari? Karena biasanya aku memasang airplane mode selama perjalanan (kecuali kasus khusus seperti working atau family issues yang harus diselesaikan dalam waktu segera) – ceritanya tetap professional dengan peran lainnya meski saat holiday. Fungsi airplane mode sebenarnya berfungsi untuk hemat baterai, selain itu membuat kota punya banyak waktu untuk enjoy every moments, right? Honestly, aku bisa kesel juga kalau kehilangan moment bagus yang bisa aku foto karena sibuk sama HP atau malah sibuk – sibuk update status. Jujur, update status real time, menjadi hal kesekian yang akan aku lakukan saat traveling.



Oke that’s all!

Semoga bermanfaat dan terjawab semua pertanyaan-pertanyaannya ya aplikasi apa aja yang ada di hape khususnya yang menyangkut kebutuhan traveling dan persiapannya. Sebagai informasi tambahan aplikasi travel yang mendukung kegiatan jalan – jalan di atas mencapai 16 apps, dan 14 aplikasi editing foto video.  Kalian bisa sesuaikan kebutuhan kalian saja, biasanya dari total tersebut hanya 50-70% aku fungsikan secara optimal, yang lainnya hanya pendukung saja.




\

No comments :

Post a Comment

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi