May 4, 2015

Membuang Bosan: SOLO

Sometimes it's the journey that teaches you a lot about your destination. - Drake




Sedikit bercerita tentang  perjalanan dari Jogja - Surakarta Jumat (1/5) kemarin. Setelah direncanakan tanpa terlalu banyak repot, finally kami berempat melakukan perjalanan bersama ke kota sebelah, Surakarta. Kota ini masih kental dengan budaya Jawa, situs kerajaan (Kraton Surakarta), dan gedung-gedung peninggalan lawas. 




Kami mau berbagi rincian pengeluaran liburan hemat. Mulai dari keberangkatan, makanan, transportasi tanpa akomodasi (karena kami tidak menginap di kota tersebut).

Kereta Prameks Jogja - Solo       : Rp.  8.000
Kereta Prameks Solo - Jogja       : Rp.  8.000
Transportasi becak (4x)               : Rp. 30.000
Biaya becak 15.000 - 20.000
Per becak 2 orang (biaya dibagi2)
Kuliner    3x jajan                       : Rp. 40.000
Tiket masuk kraton                     : Rp. 10.000
Tip saat berfoto dengan
prajurit berkostum                      : Rp. 20.000

Total pengeluaran dasar             : Rp. 116.000

Dari angka di atas, penambahan yang ada tergantung kebutuhan dan lokasi tujuan yang kalian datangi. Kami mendatangi 2 tujuan utama, namun kalau bicara soal berhenti dimana saja, kami sempat ke pasar, ke warung makan mie Sumatera yang bisa anda coba, karena porsi dan rasanya worth it dengan harga yang di tawarkan per porsi yakni sekitar  Rp. 13.000 - Rp. 16.000.





 
Selama keberangkatan, kami bereempat bisa dikata beruntung, mulai dari naik kereta prameks di libur panjang, akan sangat sulit mendapatkan tempat duduk, tapi syukurlah kami berempat mendapatkan tempat duduk yang nyaman. 






Selain itu, tarif becak yang bisa diajak kompromi soal tarif dan urusan tawar menawar, yang paling penting adalah cuaca. Beberapa hari terakhir cuaca Yogyakarta dan sekitarnya cukup kelabu, sesekali hujan mulai siang hingga malam, tapi khusus hari itu, hujan tidak turun, hanya mendung malu-malu, jadi teduh tanpa terik sinar matahari.

No comments :

Post a Comment

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi