May 13, 2014

Passion itu Anu... Anu itu Kadang Sesuatu yang Belum Pasti



So Then, What's Your Passion?

Radak sempet bingung namanya Passion itu apa. Tadinya sih kepikiran, passion mungkin mirip sama kesukaan, oh mungkin bisa juga dibilang hobby, tapi waktu udah baca sana-sini kayaknya passion itu bukan sekedar itu aja. 

  • Passion adalah sesuatu yang kita ga pernah bosen untuk melakukannya. 
  • Passion adalah dimana kita akan mengorbankan segala hal untuk mencapai itu.
  • Passion adalah sesuatu yg dikerjakan dengan ikhlas, tanpa paksaan dan suatu bentuk panggilan dari alam bawah sadar manusia.
  • Passion adalah dimana kita tidak memikirkan untung dan rugi.
  • Passion adalah ketika kita melakukan hal itu begitu saja dan lupa dengan hal yang lain.
  • Passion adalah sesuatu yang sangat kita sukai, sesuatu yang bisa kita lakukan berjam-jam tanpa kita merasa capek.

"Passion is the energy that comes from bringing more of YOU into what you do."
But I'm serious, kadang kita pasti ngalami tanya-tanya ke diri sendiri soal passion kita itu benernya apa. Passion itu apakah harus yang bisa menghasilkan uang, nah apa juga passion itu, bisa tetep dipilih saat itu nggak bisa menopang kehidupan finansial kita. 

So, after this questions, kayaknya jadi too much thinking soal passion. Everyone, pasti pernah ngalami, masa dimana mereka ada pada titik "Apakah di sini benar, tempat saya sebenarnya berdiri?"

Bisa saja orang handal dalam banyak hal, banyak bidang, banyak kebisaan, itu sih baik. Tapi sisi buruknya, orang itu akan jadi serakah, akan jadi bingung mana dari setiap "kebisaan" itu yang benar adalah passion dan gairah "ikhlas" dia. 

Waktu baca dari blognya dungdung, disitu ditulis: 

"Passion adalah kombinasi pleasure, meaning and emotion"


"Banyak dari kita salah kaprah mengartikan passion hanya berupa kenikmatan saja. Tapi melupakan sisi makna dan emotion. Padahal sesuatu yang kita lakukan itu tidak ada artinya apabila tidak bermakna dan tidak ada perasaan dalam melakukannya. Pleasure dalam hal ini adalah kenikmatan bagi panca indera, seperti mata, lidah dan lainnya. Meaning berhubungan dengan kepercayaan atau believe seseorang, yang jika dikaji lebih dalam lagi adalah kepercayaan terhadap Tuhan. Emotion dalam hal ini adalah perasaaan kita dalam menjalaninya."

Aku kemudian menonton koleksi foto saya, membandingkannya, membandingkan senyum dan cara saya tertawa, saat ada di satu tempat dan tempat lain, atau saat saya melakukan satu dan hal lainnya. 

Masih samar sebenarnya.... 

Cuma, kalau sudah "terlanjur basah" jatuh ke sebuah bidang, hampir sama ceritanya sama kayak kamu nikah sama orang yang hanya kamu kenal luarnya saja. Menikahinya, dan kemudian belajar untuk mencintainya. Melalui hari - hari bersamanya, dan menerima resiko apapun yang menyenangkan tidak menyenangkan. 

Bosan?? Ada pasti. Tapi bukan berarti saat kamu bosan melakukan pekerjaan yang kamu jalani sekarang, terus itu bukan passion kamu atau kamu lagi salah langkah or pilihan. 

Cukup tau. 

Menonton koleksi foto, membandingkan cara aku tersenyum - atau tertawa. Itupun kalau ada. :)

No comments :

Post a Comment

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi