September 1, 2015

DELICATE GLAM

ARIESANTHI DALAM DELICATE GLAM
"SUNGKIT"
JOGJA FASHION WEEK 2015 SVARNA ARCHIPELAGO 




Songket adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu dan Minangkabau di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi. Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang.





Kalau bicara tentang history songket, dahulunya kain jenis ini benar-benar dari benang yang disepuh emas, digunakan sebagai mahar saat pernikahan. Sehingga hal ini membuat songket pada jaman awalnya dahulu cukup berat dan juga mahal.  Namun perkembangan jaman sekarang ini sudah sedikit memberikan kompromi besar bagi para desainer untuk bisa menggunakan kain jenis ini tanpa harus merogoh kocek ratusan juta.


Sempat berbincang dengan Tyaz Santhi Fatmasari (ARIESANTHI) beberapa hari sebelum Jogja Fashion Week 2015, dalam mini shownya di JFW 2015 menampilkan koleksi busana yang sarat akan nilai budaya. Beliau ingin menjadikan kain Songket tidak hanya "basic" yang mana lebih umum digunakan sebagai kain, selendang, atau selempang pada busana inti. 

Cek beberapa koleknya Ariesanthi dalam JFW 2015 Svarna Archiepelago.



Dalam tema besar "Sungkit", Ariesanthi menampilkan 30 koleksi busana dari warna merah, hijau, dan coklat abu selain itu juga koleksi night gown/wedding dress.



Terima kasih mba Tyaz yang sudah memberikan kami kesempatan untuk hadir di mini show kali ini. It was great! Dan pastinya, setelah hari itu betapa saya menyadari Indonesia memiliki banyak hasil kebudayaan yang khas, meski di dalamnya ada perpaduan dari negeri seberang, tapi bukankah keanekaragaman itu menjadikan kita semakin kaya?

Snapshot with Tyaz "ARIESANTHI"


Photos by @dinataayu 
Thanks for all partner @Bientorohadi @Yasmin


3 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Matur nuwun mb Ayu ❤❤❤ ...sukses selalu & ijin share ya 😊

    ReplyDelete

Copyright © 2014 FILOSOFAST

Distributed By Blogger Templates | Designed By Darmowe dodatki na blogi